teks jalan

Leuleupeutan leuleumeungan diarah kejo poena, deudeukeutan reureujeungan jeung penyuluh sapopoena, Tani Babarengan, Salah Silih Elingan

slide poto

  • Padi Sawah Lokasi Desa Raharja
  • Metode Emposan dengan Racun dari Belerang
  • Tim Riset ITB, Mister Mathieu, PPL, Petani Pemilik Sawah dan Toko Tani
  • SL-GHP Tanaman Sansieviera

Kamis, 01 Desember 2011

ANJANGSANA

Kunjungan tatap muka/anjangsana pada petani/kelompoktani/massal adalah metode penyuluhan/THL-TBPP langsung dengan mendatangi usahatani petani/kelompoktani/masyarakat pertanian dalam membantu mengidentifikasi dan atau pemecahan permasalahan usahatani serta sosialisasi program pembangunan pertanian, Pada gambar di sebelah kiri adalah kegiatan penyuluh menuju ke Petani untuk melakukan anjang sana. anjangsana tersebut ada tiga sasaran yang akan dikunjungi yaitu :

1. Melakukan kunjungan tatapmuka/anjangsana secara perorangan.
2. Melakukan kunjungan tatapmuka/anjangsana secara kelompok tani.
3.  Melakukan kunjungan tatapmuka/anjangsana secara massal.
Penyuluh pertanian/THL-TBPP mendatangi setiap kelompok tani sesuai dengan rencana/Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Penyuluh Pertanian yang di buat setiap bulan Sebagai agenda untuk melakukan kegiatan Penyuluhan di Wilayah Binaannya.  Tampak Dalam Gambar sedang istirahat sebentar membersihkan tanah yang menempel pada Ban Motor sekaligus melepas lelah dengan menikmati keindahan Alam di sekitarnya.
Dalam Pembinaannya saya didampingi oleh Penyuluh Kehutanan (Konservasi Tanah, Air dan udara) Bapak Ir. Wisahya Suyud, Sambil mengambil gambar untuk diamati dan dijadikan objek untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan Pertanian sekaligus belajar menambah wawasan kaitannya Potensi yang ada di wilayah tersebut. Lokasi ini terletak di Dusun Cibogo Desa Raharja Kec. Tanjungsari-Sumedang, JABAR.